Akibat Kecelakaan Kereta Beberapa Perjalanan Kereta Api Dialihkan

Jawa Barat126 Views

BANDUNG – Kereta Api (KA) Turangga bertabrakan dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka Bandung Jawa Barat. Akibat kecelakaan kereta hari ini di Cicalengka, beberapa perjalanan kereta api dialihkan.

Informasi sementara menyebutkan sebanyak tiga orang meninggal dunia dalam insiden tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya. Kecelakaan kereta hari ini, Jumat (5/1/2024), di Cicalengka melibatkan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya. Peristiwa tersebut terjadi di lintas Haurpugur-Cicalengka Km 181+700, Bandung, Jawa Barat pukul 06.03 WIB.

Tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya terjadi di lintas Haurpugur-Cicalengka, Bandung. Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas akibat kecelakaan ini, salah satunya adalah masinis kereta yang sempat terjepit.”Masinis sudah berhasil (dievakuasi), jadi masinis dikonfirmasi dibawa ke RSUD Cicalengka bersama dengan asisten masinis dan pramugara. Kondisi meninggal,” ujar Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo saat dihubungi wartawan, Jumat (5/1/2023).

Kombes Kusworo menjelaskan masinis dan asisten masinis itu berada di kereta lokal, sedangkan pramugara yang meninggal dunia adalah pramugara KA Turangga.”Satu masinis, satu asisten masinis, satu pramugara (meninggal dunia). Pramugaranya Turangga, kalau masinis sama asistennya di KRD,” jelasnya.

Seorang masinis terjepit dalam insiden kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Petugas Basarnas, TNI Polri, PT KAI, PMI, dan unsur relawan sedang melakukan evakuasi korban yang masih terjebak di kereta.”Masinis ini terjepit dan masih belum ada respons, sementara kita masih lakukan (proses evakuasi) ini,” kata Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo, seperti dilansir detik.com, Jumat (5/1/2024). “(Yang terjepit) masinis KA Turangga,” ujar Kusworo.

Kombes Kusworo menjelaskan proses evakuasi masinis yang terjepit. Listrik akan dimatikan saat proses evakuasi berlangsung. “Masinisnya dalam kondisi terjepit, ini masih proses pemotongan mematikan listrik dulu,” kata Kombes Kusworo.

Ia mengatakan setelah listrik dimatikan, nantinya petugas akan memotong besi untuk mengevakuasi korban yang terjepit. “Baru setelah itu kita potong besinya, baru kita coba angkat,” katanya.

Seluruh penumpang dipastikan selamat dalam insiden tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka. Namun puluhan penumpang mengalami luka-luka dan sudah dievakuasi.”Kami melihat kondisi terkini tabrakan kereta Commuter Line dan Turangga. KA Turangga membawa 287 penumpang dan Commuter Line Bandung Raya ada 191 penumpang. Semua penumpang berhasil dievakuasi,” kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Bey menyebut pihaknya sudah menyiapkan beberapa rumah sakit dan puskesmas untuk merawat penumpang. Sebanyak 28 penumpang mengalami luka-luka akibat kecelakaan itu.”24 korban luka ada di RSUD Cicalengka, 2 Puskesmas Cicalengka dan 2 di RSKK,” ujarnya.

Kereta lokal Bandung Raya bertabrakan dengan KA Turangga di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Bandung, Jawa Barat. Dikutip dari detikJabar, salah satu penumpang bernama Dimy Ramadhan (34) tidak bisa berangkat bekerja menggunakan kereta lokal karena pemberangkatan ditiadakan. Dimy hendak naik kereta tujuan Cicalengka.

“Mau kerja dari Bandung ke Cicalengka, baru tahu tadi pas mau pesan tiket ternyata nggak ada (kereta), cuma sampai Rancaekek,” ujar Dimy.

Perjalanan kereta api di wilayah Daop 2 Bandung terganggu dan dialihkan imbas tabrakan KA Turangga dan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka, Bandung. Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan terdapat dua KA dari Daop 8 Surabaya dengan tujuan Bandung yang akan dialihkan perjalanannya melalui jalur Kroya-Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *