Dito Ariotedjo : Gubernur Bali Wayan Koster Mendukung ANOC World Beach Games

Nasional274 Views

JAKARTA – Menpora Dito Ariotedjo menyebut Gubernur Bali I Wayan Koster mendukung secara penuh penyelenggaraan ANOC World Beach Games di Pulau Dewata pada Agustus nanti. Ia memastikan persoalan sudah mendapatkan titik temu.

Dito setelah melakukan Sertijab sebagai Menpora memang langsung dihadapkan pada persoalan terkait partisipasi Israel di AWBG. Hal itu tak lepas dari pernyataan Gubernur Bali I Wayan Koster yang menegaskan soal lagu kebangsaan Israel yang tidak boleh dinyanyikan di Indonesia.

Menurut Koster, hal itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri. Pasal 151 ayat C Permenlu Nomor 3 Tahun 2019 menyebut penggunaan bendera, lambang, atau atribut lain, serta pengumandangan lagu kebangsaan Israel tidak diizinkan di Indonesia. Sebab, tak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel.

Sebelumnya perhelatan Piala Dunia U-20 yang seharusnya bergulir bulan depan, batal diselenggarakan di Indonesia, lantaran adanya penolakan-penolakan dari sejumlah elemen terkait keikutsertaan Timnas U-20 Israel. Imbasnya, FIFA mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah single event sepakbola terbesar di dunia level kelompok usia tersebut.

Nah, agar tak terjadi pengalaman serupa, Dito mengantisipasinya dengan melakukan pertemuan bersama pemangku kepentingan, termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster agar 2nd ANOC World Beach Games 2023 Bali yang dijadwalkan berlangsung 5-12 Agustus dapat berjalan sesuai rencana.

Pada Jumat (14/4/2023), Dito pun menyambangi Rumah Dinas Gubernur Bali, Denpasar, Wayan Koster. Ia didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Dari hasil pertemuan itu, Menpora berusia 32 tahun tersebut menyatakan Gubernur Koster sangat mendukung penuh pelaksanaan ajang multi-olahraga internasional itu.

“Hasil diskusi membawa keberkahan, ada satu pertemuan dan kesepakatan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Gubernur Bali seribu persen mendukung penyelenggaraan World Beach Games 2023,” kata Menpora Dito, dalam keterangan tertulis Kemenpora. Dikutip dari detik.com.

“Alhamdulillah pada suasana Ramadan ini kita menjalin silaturahmi dan bisa mencapai hasil-hasil yang jadi satu titik temu yaitu kesepakatan tentang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan World Beach Games 2023. Dia berharap penyelenggaraan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai konstitusi.

“Baru saja kami berdiskusi bersama Pak Menpora dan Pak Okto (Ketum KOI). Kita membicarakan agar bagaimana World Beach Games ini berjalan dengan baik dan segi tata kelola berjalan dengan lancar,” kata Koster.

“Oleh karena itu, sudah ada kesepakatan Bali tuan rumah maka Pemprov Bali dan saya tentunya, saya akan memberi dukungan penuh agar acara ini berjalan lancar dan sukses. Intinya World Beach Games sesuai amanat konstitusi,” Koster mempertegas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *