Kapolres Purwakarta Hadiri Pengukuhan Paskibraka

Jawa Barat153 Views

PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain Hadiri Pengukuhan pasukan pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purwakarta, di Taman Maya Datar, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta pada Senin, 15 Agustus 2022 petang.

Kepada Paskibraka Kabupaten yang akan menunaikan tugasnya dalam upacara HUT Ke-77 RI di daerah itu pada 17 Agustus 2022 mendatang, orang nomor satu di Polres Purwakarta itu berpesan agar anggota paskibra Kabupaten Purwakarta menjadi generasi unggul dan maju di masa depan dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berkarya untuk kemajuan bangsa.

“Selain itu sebagai generasi muda hendaknya anggota paskibra juga memiliki integritas kepribadian yang baik,mental yang kokoh, tegar dan pantang menyerah,untuk berjuang demi kemajuan Kabupaten Purwakarta,” ucap Pria yang akrab disapa Edwar itu.

Edwar menyebut misi Paskibraka tidak boleh berhenti pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia saja. Jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan, harus terus dijiwai.

“Implementasikan dalam perilaku kalian sehari-hari, sehingga mampu memberi energi positif dan contoh serta tauladan bagi generasi muda lainnya,” pesan Edwar.

Menurutnya, jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang ditanamkan selama pelatihan dapat menjadikan anak-anak Paskibraka menjadi generasi emas di bidang masing-masing.

“Tanamkan dalam hati kalian, prinsip rela berkorban demi keutuhan Indonesia. Harumkan nama, jadilah teladan yang baik, dan jadikan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan menjadi kunci dalam hidup,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi anggota Paskibraka. Pasalnya, selain harus melewati seleksi yang ketat, mereka yang menjadi Paskibraka ini masih bakal menjalani latihan ketat pula.

“Sebagai pasukan yang membawa bendera negara, tentu dituntut untuk tampil sebaik mungkin, pada saat acara pengibaran bendera berlangsung. Tak hanya mahir baris berbaris, namun anggota Paskibraka juga harus memiliki mental dan fisik yang kuat serta kesehatannya terjaga,” ucapnya.

Rasa patuh terhadap orang tua juga tak lupa menjadi pesan paling penting yang disampaikan oleh AKBP Edwar Zulkarnain.

Disampaikannya, selama ini tidak ada manusia paling berjasa dalam kehidupan selain orang tua yang telah mendidik anak mereka dengan penuh kasih sayang.

“Karena itu, saya atas nama Polres Purwakarta, juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu orang tua para pasukan Paskibra yang telah berjasa hari ini,” Ucapnya.

Tak lupa, Edwar pun mengucapkan selamat kepada 57 anggota Paskibraka Kabupaten Purwakarta merupakan putra-putri terbaik dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Selamat, kalian adalah putra terbaik Kabupaten Purwakarta yang terpilih setelah melewati berbagai rangkaian proses. Ini membuktikan kalian miliki keunggulan fisik, mental, moral, juga kedisiplinan. Ini harus kalian pertahankan,” ujarnya.

Edwar mengatakan, mendapat kepercayaan mengibarkan bendera Merah Putih adalah kebanggaan yang tidak semua orang bisa mendapatkan.

“Sekali lagi saya berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk selama masa penempaan tidak hanya berhenti pada momentum peringatan HUT RI, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan. Kalian bisa menjadi energi positif dan menjadi contoh yang baik bagi generasi muda lainnya,” Tutur AKBP Edwar Zulkarnain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *