Desa Sawah Kulon Terdapat Makam Seringkali Dikunjungi Peziarah

Jawa Barat314 Views

PURWAKARTA – Desa Sawah Kulon Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta terdapat makam yang sering dikunjungi para peziarah yang berasal dari dalam maupun luar kota.

Makam tersebut adalah Makam Mama H Nalasara, Mbah Dalem Wijayakusuma, Mbah Dalem Panji Anom. Persisnya kuburan tersebut berletak di Kampung Kerajan.

Penjaga Makam tersebut, Asep Herianto mengatakan, setiap malam ada saja para peziarah datang ke sini, apalagi jika malam Jumat jumlah para peziarah dapat dikatakan meningkat. “Datang pada siang hari juga ada,” kata dia, Selasa (5/07/2022).

Semasa hidupnya, Mama H Nalasari, Mbah Dalem Wijayakusuma, Mbah Dalem Panji Anom ini merupakan penyebar agama Islam di daerah Purwakarta yang singgah di Sawah Kulon.

Desa tersebut saat ini masuk ke wilayah Kecamatan Pasawahan. Maka tak heran jika banyak masyarakat menyempatkan untuk berziarah ke sini.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Sawah Kulon Nedi (Maman) saat ditemui di lokasi kerja bakti mengakatan, rencana pembangunan yang ada diwilayah kerja Desa Sawah Kulon akan memperlebar jalan ke arah makam besar.

Dijelaskannya, pembangunan tersebut berdasarkan pengajuan dari masyarakat melalui Rt dan Rw yang dibahas melalui Musyarawah Desa (Musdes). 

Untuk jumlah anggarannya belum bisa ditentukan untuk ke depan semua rencana pembangunan sudah dibahas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *