Dinas Pangan dan Pertanian Melaksanakan Pelatihan Operator Alat Mesin Pertanian

Jawa Barat135 Views

PURWAKARTA – Sebanyak 17 orang dari 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta mengikuti pelatihan operator alat dan mesin pertanian sub kegiatan pendampingan penggunaan sarana pendukung pertanian dan kegiatan pengawasan sarana pertanian Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Ir Sri Jaya Midan, MP didampingi Kabid SDP H Erlan Diansyah, SE, MP mengatakan hal itu usai membuka pelatihan mesin pertanian roda empat atau minitator yang selama ini menggunakan traktor entrator (traktor tangan), di BPP Cibatu, Pada Selasa (28/06/2022).

Menurutnya, penggunaannya akan terus dikembangkan di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Dijelaskannya, minitraktor kita sekarang sudah punya 8 unit sudah tersebar diberbagai Kecamatan Darangdan, Campaka, Cibatu, Bungursari dan Tegalwaru. Seldom itu  ada dibrigade dinas ada 2 unit.

Sebanyak 2 unit, lanjutnya, namanya brigade bisa dipakai siapapun petani yang mau pinjam itu dipersilahkan atau bisa dipakai, tetapi harus bisa merawatnya dengan baik seperti solarnya habis harus diisi kalau ada kerusakan tanggung jawab yang jelas mekanismenya harus ditempuh dengan baik.

Oleh karena itu, tambahnya, pada kesepatan ini nanti setiap Kecamatan ada utusan buat opratornya ini yang menjadi kendala petani pinjem tetapi tidak bisa mengoprasikannya.

Hari ini para petani yang ada di 17 Kecamatan bagaimana mengoprasikan alat tersebut tractormini roda empat tersebut alhamdulillah yang mengikuti pelatihan ada 17 orang yang hadir 25 orang.

Peserta yang mengikuti satu Kecamatan 1 orang jadi keseluruhan 17 orang, yang memberikan pelatihan dari pihak perusahaan traktormini tersebut, nanti kita juga langsung praktek kelapangan. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *