Kabid Sumber Daya Pertanian Pantau Realisasi Pelaksanaan Kegiatan UPPO

Jawa Barat564 Views

PURWAKARTA,- Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian Dinas Pangan Dan Pertanian Purwakarta H Erlan Diansyah, SE., MP memantau realisasi pelaksanaan Unit Pengolah Pupuk Organik) UPPO di Kampung Mekarjaya Rt 10 Rw 05 Desa Margasari Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta.

Erlan Diansyah ingin memastikan pembangunan bangunan, infrastrutur bahan baku dan tata cara pengelolaan kompos hingga pengadaan sapi-sapinya. Erlan pada pengawasan realisasi Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), memastikan semua fasilitas Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) memenuhi kelengkapan yakni rumah kompos, alat pengolah pupuk organik, ternak, kandang komunal, bak fermentasi dan kendaraan roda 3.

“Kegiatan UPPO ini ada di antaranya menyediakan fasilitas terpadu pengolahan bahan organik (jerami, sisa tanaman, limbah ternak, sampah organik) menjadi kompos (pupuk organik). Kita ingin menyuburkan tanah atau memperbaiki kondisi tanah agar sangat layak untuk bercocok tanam, dengan upaya mengurangi penggunaan pupuk kimia. UPPO ini salah satu solusi pemberdayaan yang terintegrasi,” tutur Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian saat ditemui dilokasi, Kamis (05/8/2021).

Ketua kelompok Taruna Tani Tunas Mandiri Jaya M. Miftah Hidayat menambahkan, kami juga mengajak kepada para petani untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan yang dimiliki kelompok peternak sebagai bahan baku kompos (pupuk organik) dengan maksimal. Dia meminta pada masyarakat petani agar bekerjasama untuk membuka kesempatan usaha dan lapangan kerja melalui UPPO ini kepada pera pemuda penggerak desa.

Miftah Hidayah berharap para petani Mekarjaya dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pupuk untuk lahannya. Karena Pupuk ini diproduksi petani sendiri, diharapkan dapat mengeluarkan biaya yang kecil akan pupuk yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani.

Karena selain meningkatkan kesuburan tanah, UPPO ini diharapkan akan mampu meningkatkan populasi ternak sekaligus Melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan. “Saya masih akan berupaya UPPO ini terus dikembangkan oleh kelompok di setiap tingkatan bawah. Bila semua sentra pertanian ini ada UPPO, setidaknya akan memberi peningkatan kontribusi petani untuk mewujudkan swasembada pangan,” tutup Miftah Hidayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *