Peminat Kursus Bahasa Korea dan Bahasa Inggris Membludak

Jawa Barat176 Views

PURWAKARTA,- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta, di tahun 2021 melakukan gebrakan dengan membuka kursus gratis Bahasa Korea dan Bahasa Inggris juga lanjutan kursus merajut.

Para pegawai kearsipan dan perpustakaan Purwakarta. Hal itu di katakannya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs. Mohamad Ramdan, MSi di kantornya, Rabu (28/04/21). Menurutnya, peminat kursus dua bahasa tersebut membludak sampai puluhan yang mendatarnya namun pihaknya hanya menerima 15 orang baik kursus Bahasa Korea atau Bahasa Inggris yang di mulai awal bulan Maret 2021.

Sedangkan tenaga pengajarnya, lanjut dia, diambil dari guide di orama di mana Bahasa Inggris lulusan STBA dan untuk Bahasa Korea lulusan UNPAD.

Untuk peserta Bahasa Inggris, katanya kebanyakan remaja SLTP dan SLTA sedangkan Bahasa Korea yang sudah lulus SLTA.

Ia menambahkannya, untuk kursus merajut lanjutan akan di mulai awal Mei mendatang berdasarkan permintaan orang yang datang ke Perpustakaan.

Ia menjelaskannya, Perpustakaan Purwakarta pada tahun 2020 pernah meraih juara ke-1 tingkat nasional.

”Penilaiannya perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan serta menawarkan kesempatan berusaha dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Perpustakaan Transformasi inclusi sosial, Perpustakaan bisa mengangkat SDM untuk diberdayakannya.

Dalam bidang kearsipan, lanjutnya lagi, dinas yang dipimpinnya dalam laporan aktifitas kinerja External yang di pantau oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (Andri) melalui dinas kearsipan Jabar ternyata penataan kearsipannya bagus, dan masuk 10 besar se Propinsi Jabar.

Karena itu, tambahnya nilai Dinas yang di pimpinnya bertambah dari B pada tahun 2019 dengan nilai 73 maka sejak 2020 jadi A dengan nilai 83.

Menurut dia, di Perpustakaan ada lima program unggulan sedangkan di ke arsipan ada program Arsip Semakin Dikenal ( Arsenal ) yang rencananya akan di sosialisasikan ke OPD – OPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *