Cegah DBD dan Cikungunya Kelurahan Nagri Tengah Lakukan Fogging

Jawa Barat142 Views

PURWAKARTA,- Musim penghujan, jika tidak menjaga kebersihan lingkungan dengan baik akan berakibat buruk untuk masyarakat. Salah satu bahaya kesehatan yang mengancam adalah penyakit cikungunya.

Menyikapi permasalahan ini, Kelurahan Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta giat melakukan pengasapan (fogging) disejumlah lokasi. Seperti hari ini, petugas melakukan pengasapan tahap 2 dilingkungan RW 01 Kampung Baru Lodaya Kelurahan Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta. “Fogging kami lakukan disetiap pasilitas umum dan rumah warga sekaligus memastikan lingkungan bersih dari genangan-genangan air yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk” ungkap Engkun Kuntadi, SE Lurah Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta kepada pijarnusa.com, Selasa (16/3/2021).

Dalam pengasapan ini, pihaknya menggunakan satu alat pengasapan sehingga proses pengasapan dengan cairan insektisida bisa lebih efektif dan efisien. Engkun menuturkan bahwa penyebab penyakit Cikungunya ini adalah nyamuk Aedes Aegepty. Ia meminta masyarakat untuk selalu waspada. Pasalnya, nyamuk jenis ini suka berkembang biak di genangan air bersih. Jika tidak memperhatikan kebersihan lingkungan, maka akan berakibat buruk.

Saat dikonfirmasi mengenai pencegahan apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat, ia menyarankan untuk menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Pastikan tempat-tempat yang berpotensi menyimpan air bisa ditelungkupkan, ditutupi atau didaur ulang”, imbuhnya.

Engkun menegaskan, walaupun saat ini disibukkan dengan penanganan Covid-19, pihaknya memastikan penanganan penyakit-penyakit lain tidak lengah dilakukan dan tetap digalakkan, seperti pada penanganan Cikungunya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *