Bumdes Mekar Sejahtera Harus Inovasi di Tengah Pandemi Covid

Jawa Barat176 Views

PURWAKARTA,-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus bisa memberikan manfaat peluang ditengah adanya pandemi ini dengan berbagai inovasinya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Direktur Bumdes Mekar Sejahtera Desa Jatimekar Iman Ridwana mengatakan, bumdes harus bisa menjadi inovatif dan beradaptasi melihat peluang usaha yang muncul saat pandemi agar kegiatan ekonomi di tingkat desa tetap bergairah.

“Apalagi saat ini masa pandemi Covid-19 yang jelas sangat berdampak cukup besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat, tetapi bumdes mekar sejahtera akan mengawali produksi dengan mengelolah sampah plastik bekas minuman botol atau gelas yang akan dicacah,” ujar Iman saat ditemui pijarnusa.com dilokasi produksi, Kamis (19/11/20).

Walaupun masih berjalan satu mesin pencacah alhamdulilah kami bisa memproduksi dalam satu hari satu kwintal ini menurut perhitungan kasar produksi, pihak kami juga masih mempunyai kendala dengan kelistrikan pada motor mesin pencacah yang seharusnya menggunakan 450 watt saat ini kami menggunakan yang 250 watt.

“Harapan kami kedepan dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa membuka lapangan kerja dan bisa mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok Desa Margasari Kecamatan Pasawahan sehingga Bumdes Mekar Sejahtera bisa mengelolah sampah menjadi barang yang berlinal,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *