Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Awasi Pemulihan Clean Up Kalimati PT Indo Bharat Rayon

Jawa Barat428 Views

PURWAKARTA,-Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan terus melakukan pengawasan pemulihan clean up (membersikan) sungai kalimati yang mengakibatkan pendangkalan di sebabkan dari Bahan, Berbahaya dan Beracun atau kerap disingkat B3 PT Indo Bharat Rayon di Kampung Sawah Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao Purwakarta.
Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Iwan Kuswandi, ST, M.Si saat di temui dikantornya mengatakan sungai kalimati milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum yang air tanah ini sudah tercemari limbah dari PT. Indo Bharat Rayon (IBR) seluas 4 hektar untuk saat ini sedang dikerjakan pihak ketiga. Senin (12/10/20).
Kita selalu proaktif mengawasi pemulihan yang dilakukan pihak ketiga, bahkan hasil dari pengawasan dilapangan sudah mulai melakukan pengerukan menggunakan alat berat excavaktor ke pertengahan sungai kalimati, artinya supaya mudah melakukan pengambilan limbah yang mengendap diwilayah tengah sungai kalimati tersebut.
“Diharapkan sungai kalimati yang luas 4 hektar bisa segera dikeruk atau revitalisasi. Pemerintah Kabupaten pun akan terus mengawasi pemulihan tersebut yang saat ini sedang dilakukan pihak ketiga karena ini sudah menjadi tugas dan pengendalian, pencemaran dan kerusakan terhadap lingkungan,” tandas Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *