Cegah Pademi Covid 19, Dunia Pendidikan Coba Gunakan Metode E-Learning

Pendidikan213 Views

Jakarta. (Pijarnusa) Akibat pandemi COVID-19 berdampak berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Sabtu 4/4/2020

Bendum RAMAI Foundation dan Koordinator Pusat (GIM) Gerakan Indonesia Madani Yuliana mengemukakan Pendidik/Guru harus memastikan kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada dirumah kerena situasi saat ini masih gangguan wabah Virus corona, inovasi pembelajaran merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media yang ada seperti media daring (online). Sabtu, (4/04)

Yuliana menjelaskan  bahwa setiap Kepala Sekolah harusnya berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada Guru untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring)

Maka dari itu masing-masing Kepala Sekolah dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring sebelumnya dapat disupervisi dan diberi solusi.

Seperti halnya melakukan pembelajaran menggunakan metode E-Learning yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. “Ungkapya”

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet, guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti Whatsapp (WA), telegram, aplikasi Zoom ataupun media sosial lainnya sebagai sarana pembelajaran sehingga dapat memastikan siswa belajar diwaktu bersamaan meskipun ditempat yang berbeda. “Kata Yuliana”

Guru juga dapat memberikan tugas terukur namun tetap memastikan bahwa tiap hari pembelajaran peserta didik terlaksana tahap demi tahap dari tugas tersebut. Banyak lagi inovasi lainnya yang bisa dilakukan oleh pendidik demi memastikan pembelajaran tetap berjalan dan siswa mendapatkan ilmu sesuai kurikulum yang telah disusun pemerintah.

Untuk itu pengawas sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan  baik di berbagai Provinsi maupun Kota dan Kabupaten juga dapat berinovasi agar tetap menjalankan pengawasan dan tujuan dari supervisinya dapat berjalan dengan baik meskipun tidak harus selalu bertatap muka kerena situasi masih dalam Covid-19. Yakin dan percaya Wabah ini segera berakhir agar supaya Activis belajar mengajar kembali seperti sediakala. “Pungkasnya Yuliana” (Daeng)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *