KPU DKI Menyatakan Dharma Memenuhi Syarat Jalur Independen

DKI Jakarta80 Views

JAKARTA – KPU DKI menyatakan Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana memenuhi syarat dukungan dan bisa mendaftar di Pilgub Jakarta 2024 lewat jalur independen. Di sisi lain, Ridwan Kamil (RK) yang didukung parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga akan mendaftar di Pilgub Jakarta 27 Agustus mendatang.

Seperti diketahui, pada Kamis (15/8/2024), KPU DKI Jakarta telah melakukan rapat pleno hasil verifikasi faktual syarat dukungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen. Dari hasil rapat pleno, KPU DKI menyatakan Pasangan Dharma Pongrekun- Kun Wardana memenuhi syarat dukungan dan bisa mendaftar di Pilgub Jakarta lewat jalur independen.

Hal itu disampaikan Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata saat menyerahkan berita acara hasil verifikasi faktual kepada pasangan Dharma Pongrekun – Kun Wardana. Wahyu mengatakan pasangan tersebut bisa ikut mendaftar untuk berlaga di Pilkada 2024 pada 27 November 2024.

“Bahwa Berita Acara hari ini menyatakan Pak Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memenuhi syarat sebagai untuk mencalonkan, mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan di 27 November mendatang,” kata Wahyu Dinata di Kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

Sementara itu Dharma Pongrekun mengucapkan terima kasih atas kerja keras KPU dan Bawaslu DKI Jakarta. Dia juga mengucapkan terima kasih atas kekompakan tim yang mengantarkan dirinya bisa ikut maju di Pilgub Jakarta.

“Dan hasil yang tadi sudah dibacakan, bahwa kami lolos karena sudah melebihi batas minimal, itu semua karena kemurahan Tuhan dan kekompakan tim selama ini,” kata Dharma.

“Tidak ada kata lain, semua kerja sama baik dari pihak KPU, maupun Bawaslu yang senantiasa memimbing dan mengoreksi pekerjaan tim sehingga kami bisa memahami dan memperbaiki waktu demi waktu,” ujarnya.

Dharma mengatakan akan bekerja untuk menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat Jakarta. Dia pun berharap dukungan dari masyarakat Jakarta.

“Kami sampai pada titik ini untuk memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta demi tidak ada lagi keluhan-keluhan ke depan yang menekan kehidupan rakyat Jakarta. Banyak yang susah makan, banyak yang susah sekolah dan segala macam kami akan perbaiki ke depan. Kami mohon doa restu, karena kami harus melalui tahap berikutnya lagi,” katanya.

Di sisi lain, ada juga Ridwan Kamil (RK) yang menyatakan bakal mendaftarkan diri untuk Pilgub Jakarta 2024 dalam waktu dekat. Dia menyebut akan daftar pada 27 Agustus 2024.

“Setelah itu ya mudah-mudahan tidak ada perubahan, mendaftar di tanggal 27 (Agustus 2024) kalau tidak salah, untuk Pilkada di Jakarta,” kata Ridwan Kamil usai diberi rekomendasi PSI di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengaku bersyukur bisa mendapat tambahan dukungan dari DPP PSI untuk maju di Pilgub Jakarta. Ridwan Kamil mengatakan untuk bacawagub yang akan mendampingi dirinya pada saatnya nanti akan diumumkan.

“Suratnya saya terima dengan sedikit teaterikala, kira-kira begitu. Setelah itu, kita tunggu pengumuman calon wakilnya, kan masih dibahas walaupun namanya sudah ada beredar dan lain sebagainya, tapi kan belum resmi disampaikan karena masih ada mungkin dinamika,” katanya.

Ridwan Kamil mengaku mendengar ada nama Suswono kader PKS yang disebut-sebut bakal berpasangan dengannya. Ridwan Kamil mengaku akan beradaptasi dengan siapa pun wakilnya nanti.

“Saya mendengar nama Pak Suswono dari media juga ya, pada dasarnya kalau saya, kan saya sudah dua kali Pilkada ya kan, pemilihan walkot dan gubernur, saya selalu beradaptasi dengan siapa pun yang dijodohkan sebagai pasangan dalam kontestasi Pilkada. Jadi dengan Pak Suswono juga, kalau Suswono kalau itu betul, tapi saya tidak mau mendahului ya, saya kira saya bisa dengan mudah beradaptasi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *