Bawaslu Purwakarta luncurkan Pojok Pengawasan untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Memberikan Informasi dan Edukasi dalam Pilkada Tahun 2024

PURWASUKA61 Views

PURWAKARTA – Bawaslu Kabupaten Purwakarta luncurkan Pojok Pengawasan untuk Pilkada tahun 2024 di Jalan Ibrahim Singadilaga Kelurahan Nagri Kaler Purwakarta. Pojok Pengawasan juga serempak diresmikan di 17 sekretariat Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Purwakarta..

Selain melaksanakan intruksi Bawaslu Jawa Barat, peluncuran Pojok Pengawasan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2024 khususnya di Kabupaten Purwakarta.

“Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah di Purwakarta, Pojok Pengawasan juga hadir untuk memberikan informasi dan edukasi tentang pemilihan kepada masyarakat luas,” ujar Wahyudin, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Bawaslu Purwakarta. Kamis (4/7/2024).

Dia menjelaskan, melalui Pojok Pengawasan ia mengajak kepada masyarakat luas untuk bersama – sama mengawal dan mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Purwakarta, sebagai upaya mewujudkan pemilihan yang demokrastis.

“Ini juga bisa menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin berperan aktif dalam hal pengawasan partisipatif. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mewujudkan pemilihan yang bersih, jujur, dan adil. Maka mari kita sama – sama mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pilkada di Purwakarta yang sukses,” jelasnya.

Saat ini lanjut dia, tahapan Pilkada yang sedang berjalan adalah penyusunan daftar pemilih. Masyarakat Purwakarta yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dipastikan harus terdata.

“Jika ada masyarakat yang terkendala dalam proses pendataan calon pemilih padahal sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, masyarakat bisa mendatangi PPL di tingkatan kelurahan/desa atau Panwas tingkat Kecamatan untuk kemudian dikonsultasikan atau direkomendasikan ke petugas pemutakhiran data pemilih,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *