Panwaslu Jatiluhur Menggelar Publikasi dan Dokumentasi Rekapitulasi Hasil Pemilu Serentak 2024

PURWASUKA111 Views

PURWAKARTA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Jatiluhur menggelar Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 di Cafe Joglo Bambu Koneng Desa Jatimekar.

Rapat pleno yang digelar pada tanggal 18 – 24 Februari 2024 ini diadakan setelah 10 Desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur, selesai melaksanakan penghitungan perolehan suara di masing masing tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya pada 14 Februari 2024 lalu bertempat di Gor Desa Jatimekar.

Semua kotak suara dan segala form hasil dari pemungutan suara, baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun pemilihan calon anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di bawa ke Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatiluhur Jalan Saninten No 2 Blok C Desa Jatimekar.

Ketua Panwaslu Kecamatan Jatiluhur Taopik Sopyani, SH mengatakan rapat pleno tingkat Kecamatan ini dilaksanakan di Gor Desa Jatimekar, maka diharapkannya untuk semua bersama menjaga ketertiban dan keamanan terutama sekali para saksi yang hadir maupun lainnya.

“Disini sudah ada PPK, PPS dan juga Panwascam, PKD. Untuk saksi perlihatkan mandat dari partai, kemudian kalau ada yang dipertanyakan, tanyakan melalui prosedur yang telah diatur,” katanya, Jumat, (29/3/2024).

Minggu 25 Februari 2024 pukul 16:00 Wib Panwascam Jatiluhur melakukan pengawasan sekaligus menghadiri undangan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) perihal rapat pleno terbuka penetapan dan penandatanganan hasil rekapitulasi perhitungan suara pada pemilihan umum seretak tahun 2024 tingkat Kecamatan Jatiluhur.

Kegiatan ini dihadiri Camat, Kapolsek, Danramil dan Para delegasi dari peserta pemilu dengan membawa surat mandat, kegiatan ini dilaksanakan di Gor Desa Jatimekar sebagai gudang logostik PPK Jatiluhur. Dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Tungsura.

Setelah hasil pembecaan Rekap Perhitungan suara, selanjutnya PPK membagikan Model D Hasil Kecamatan berupa D-hasil PPWP, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kepada Panwascam dan Delegasi Peserta Pemilu yang mengikuti rapat pleno rekapitulasi.

Model PPWP jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap 45.123, model DPD jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap 45.121, model DPR RI jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap 45.116, model DPRD Prov jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap 45.119, model DPRD Kab/Kota jumlah pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap 45.116

Selanjutnya hasil perhitungan suara dipacking kembali kedalam kotak suara, Pengawasan berlangsung sampai larut malam pada hari Senin 26 Februari pukul 00.30 wib melakukan pengawasan pergeseran Logistik pemilu dari gudang PPK ke KPU Kabupaten.

Dia berharap seluruh rangkaian tahapan rapat pleno ditingkat kecamatan sampai bergeseran kota suara ke KPU dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Terima kasih pada petugas KPPS, PPS, PPK, Panwaslu, PKD dan PTPS yang telah melaksanakan tugasnya hingga selesai proses pemilihan. Bahkan dari unsur TNI dan Polri yang turut mendampingi hingga sampai selesai. Kita syukuri semua berjalan lancar aman dan terkendali,” ucap Taopik Sopyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *