Roy Maningkas, Menyoroti Program Ekonomi Yang Dibawa Masing – Masing Paslon

Politik256 Views

JAKARTA – Wakil Komandan Golf (Bidang Relawan) TKN Prabowo-Gibran, Roy Maningkas, menyoroti program ekonomi yang dibawa oleh masing-masing pasangan calon. Roy menyebut program dari Prabowo dan Gibran paling jelas dan terstruktur jika dibandingkan dengan pasangan lain.

“Semua paslon bicara mengenai program ekonomi yang ujung-ujungnya adalah untuk menyejahterakan rakyat. Paslon 1 ada yang bicara bensin gratis walau diralat, turunkan harga telur dan pangan, melakukan program pemerataan, bicara mengedepankan pendidikan, kesehatan, transisi energi. Intinya adalah program perubahan,” kata Roy dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Roy menyebut pasangan nomor urut 3, Ganjar dan Mahfud, menjabarkan soal ekonomi hijau hingga penurunan harga di sektor agraria. Menurutnya, program dari paslon lain belum ada yang memerinci berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan hak itu.

“Program ekonomi yang akan dijalankan kami kira lebih realistis dan dapat dijalankan karena kami tidak mau berteori. Selama ini yang saya baca program Anies dan Ganjar, seberapa indahnya program yang dibuat paslon lain tidak berani menulis angka berapa anggaran yang dibutuhkan untuk program ‘muluk-muluknya’ dan bagaimana secara spesifik mereka mendapatkan anggarannya,” ucap Roy. Dikutip dari detik.com

Ia menyebut pasangan Prabowo-Gibran memiliki 8 program unggulan, salah satunya pembagian susu gratis untuk 80 juta anak-anak dan ibu hamil dengan kebutuhan anggaran Rp 350-Rp 400 triliun. Pun ia menyebut ada keinginan menaikkan haji guru hingga Rp 2 juta.

“Program kenaikan upah buruh dan swasta, renovasi rumah di setiap desa 40 rumah per desa secara berkelanjutan, memperkuat ketahanan pangan baik di darat maupun sumber daya air dan laut,” ujar Roy.

“Misalnya, pertumbuhan ekonomi digitalisasi, Indonesia adalah terbesar di Asia Tenggara yang diperkirakan tahun 2025 dapat mencapai 125 miliar Dolar. Pembangunan dan melengkapi rumah sakit sesuai standar yang tinggi, memperkuat sumber daya manusia,” ungkapnya.

Menurutnya, paslon lain jangan hanya menyampaikan janji tanpa ada perhitungan yang matang untuk merealisasikan itu. Roy menyebut program ekonomi yang digagas Anies kurang jelas, sementara Ganjar terlalu kualitatif.

“Paslon lain jangan janji program tapi nggak tahu berapa anggaran yang dibutuhkan dan buat rencana pendapatan yang teoritis, itu sama saja bohongin rakyat,” ujar Roy.

“Program perubahan Pak Anies, ekonomi kurang jelas kecuali turunin harga telur dan lain-lain, program Pak Ganjar terlalu kualitatif,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *