Kades, Bamusdes dan MUI Hadiri Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

PURWASUKA247 Views

PURWAKARTA – Mengundang Kades, Bamusdes dan MUI Panwaslu Kecamatan Jatiluhur menggelar kegiatan sosialisasi Pengawasan Partisipatif, di Aula Desa Cibinong, Kamis (5/10/2023).

Dilaksanakannya kegiatan sosialisasi tersebut diungkapkan Taopik Sopyani, SH Ketua Panwaslu Kecamatan Jatiluhur memiliki tujuan agar Kades, Bamusdes dan MUI bisa mendorong masyarakat aktif dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

Sehingga, pengawasan tahapan-tahapan pemilu dapat berjalan lancar dan efektif sebagaimana dari harapan terselenggaranya pemilu.

“Kami berharap terbentuk kelompok masyarakat yang partisipatif membantu panwaslu untuk turut serta melakukan pengawasan tahapan-tahapan pemilu serentak pada 2024,” ujar Taopik Sopyani.

Divisi Pengawasan Pencegahan Hukum dan Humas (P2HM) Panwaslu Jatiluhur Kurniadi menambahkan kegiatan sosialisasi hari ini mencerminkan partisipasi masyarakat Purwakarta.

Dimana hadirnya para Kades, Bamusdes dan MUI Panitia Pengawas Pemilu merupakan bentuk awal dari partisipasi masyarakat yang bersama-sama mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Keberhasilan pemilu sangat ditentukan oleh masyarakat, karena setiap tahapan-tahapan dapat dipastikan berjalan sesuai aturan, baik penyelenggara maupun penyelenggaraannya,” tutur Kurniadi.

“Untuk pengawasan partisipatif sudah diatur didalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 dan Perbawaslu nomor 2 tahun 2023 tentang pengawasan partisipatif,” tegas Kurniadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *