Refleksi Jimat – Akur di Kecamatan Cijambe, Kang Jimat: Kudu Beunghar Hate Dinararaga Gotong Royong Ngawangun Subang

PURWASUKA279 Views

SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat, didampingi Sekda Kabupaten Subang Asep Nuroni, S.Sos, M.Si. melaksanakan Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, yang dilaksanakan di Lapang Kecamatan Cijambe. Selasa, 20 Juni 2023.

Camat Cijambe, H. Nana Suryatna, S.Pd., M.Si mengungkapkan Refleksi Kepemimpinan adalah hal yang pertama kali dilaksanakan pada masa kepemipinan Jimat-Akur, yang bukan hanya sebuah seremoni, tapi sebuah penilaian kinerja yang telah dilaksanakan selamat 4,5 tahun memimpin Kabupaten Subang, sekaligus silaturahmi dengan masyarakat serta menyampaikan arah pembangunan Kabupaten Subang yang telah dan tengah dilakukan, serta untuk di masa yang akan datang.

“Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri, pembangunan harus bekerja sama dengan seluruh pihak. Mari kerahkan seluruh kemampuan untuk keberlanjutan pembangunan.” Ungkap Nana.

Menutup sambutannya, Nana pun berterima kasih kepada Kang Jimat – Akur berkat pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Cijambe dan juga penanganan bencana longsor di Kecamatan Cijambe.

“Mau tidak mau kita harus menyadari keberhasilan beliau, contohnya jalan jalan yang asalnya rusak sekarang sudah bagus. Dan juga Kecamatan Cijambe rawan longsor, berkat ketegasan dan kesigapan pak Bupati, ketika ada bencana di Cijambe langsung dapat tertangani.”

Sekda Subang, Kang Asep Nuroni menuturkan berbagai raihan Pemkab Subang di bawah kepemimpinan Jimat-Akur dalam kurun waktu 4 (empat) tahun, di antaranya, pembenahan birokrasi dengan Kebijakan rotasi mutasi ‘Zero Rupiah’ yang menuai penghargaan meritrokrasi terbaik 2 kali secara berturut-turut, serta Raihan opini WTP dari BPK RI untuk yang pertama kali sepanjang sejarah Kabupaten Subang, dan tetap dipertahankan 5 kali berturut-turut.

Di tahun kedua kepemimpinan Jimat-Akur, Kang Asep Nuroni menjelaskan semua yang direncanakan kang jimat dan kang akur terdampak Pandemi, sehingga Refocusing dan realokasi anggaran untuk percepatan pencegahan dan penanganan covid-19 harus dilakukan, namun tetap Jimat-Akur menyiasati kebijakan anggaran dengan tetap mempertahankan beberapa program strategis, di antaranya; pembukaan badan jalan Serangpanjang – Cipeundeuy, dan pematokan jalan Cilamaya-Patimban.

“Dua jalan strategis ini harus disiapkan mengingat telah beroperasinya Pelabuhan Patimban yang akan menjadi magnet investasi nasional masuk ke-Subang.” Ungkap Kang Asep Nuroni.

Selanjutnya, untuk tahun ketiga meski masih dipengaruhi oleh pandemi, Kang Jimat-Akur tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan berbagai Kementerian untuk mendapatkan bantuan.

“Saya menjadi saksi, kang jimat rela berkendara mengunakan jasa ojek online untuk hadir tepat waktu estafet rapat koordinasi dari kementrian ke kementrian. Hasilnya, penetapan perpres 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan ‘Kawasan Rebana’ dan ‘Jabar Selatan’ dimana dalam perpres tersebut ditetapkan 4 (empat) ruas jalan baru mendapatkan pembiayaan dari APBD provinsi dan APBN. Keempat jalan tersebut yaitu jalan Serangpanjang-Cipeundeuy, Cilamaya-Patimban, jalan Pamanukan-Tegalurung dan jalan lingkar luar kota Subang.”

Kang Asep Nuroni menuturkan, di tahun keempat atau tahun 2022, Kang Jimat-Akur menginisiasi kebijakan rekrutmen guru mengangkat PPPK formasi guru sebanyak 2.606 guru dan 121 PPPK formasi tenaga kesehatan.

“Ini menjadi ikhtiar untuk mencerdaskan dan menyehatkan masayarakat Kabupaten Subang. Alhamdulilah, cakupan kepesertaan BPJS masyarakat kabupaten subang sampai dengan saat ini mencapai 93,34 % atau kurang dari 1,66 % lagi dari target UHC atau universal healt coverage sebesar 95%. Apabila cakupan sudah 95% masayarakat kabupaten subang bisa langsung diaktivasi kartu BPJS nya untuk kemudian mendapatkan layanan kesehatan. Hal ini sebagai bentuk kesiapan menghadapi era industrialisasi setelah beroperasinya Pelabuhan Patimban” tutup Kang Asep.

Kang Akur, wakil bupati Subang yang tengah menunaikan Ibadah Haji, pun menyampaikan sambutan melalui tayangan video. Kang Akur menuturkan selama lebih dari 4 tahun mendampingi Kang Jimat, Kang Jimat adalah sosok pemimpin yang mengerjakan apa yang dirinya katakan.

Dalam sambutannya, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat menuturkan kegembiraannya di acara Refleksi yang diadakan di Kecamatan, karena dapat bertemu dengan masyarakat secara langsung.

“Saya tidak ingin masyarakat merasa sulit untuk bersilaturahmi dengan Bupati dan jajaran, selama hampir 5 tahun saya menjabat banyak masyrakat yang baru pertama kali bertemu.” Ungkap Kang Jimat.

Kang Jimat juga mengajak masyarakat untuk bergotong-royong dalam membangun Kabupaten Subang.

“Ayo kita sama sama dalam rangka membangun Kabupaten Subang dan membangun Kecamatan Cijambe. ‘Kudu beunghar hate dinararaga gotong royong.’ Kalau bisa setiap minggu gotong royong kerja bakti untuk membersihkan selokan supaya tidak mampet. Ini untuk kepentingan semua.” Ucap Kang Jimat.

Terkait kebutuhan jalan, Kang Jimat menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang akan membuka empat ruas jalan baru diantaranya Jalan Serangpanjang – Cipeundeuy, Jalan Cilamaya – Patimban, Jalan Pamanukan – Tegalurung, dan Jalan Lingkar Kota Subang.

“Pemerintah daerah mempersiapkan untuk bagaimana hari esok subang, dengan adanya pelabuhan patimban. Pemerintah menyiapkan beberapa akses jalan, tiada lain untuk kemajuan subang. Kalau sudah penuh dengan pendatang, penuh dengan industri, maka akan sulit untuk membuka jalan.” Tutur Kang Jimat.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada ketua RT dan Linmas yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kab. Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah dan Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Para Kabag, Perangkat Kecamatan Cijambe, Kepala Desa se-Kecamatan Cijambe, serta para tokoh masyarakat Kecamatan Cijambe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *