Lestarikan Lingkungan, Satgas Citarum Harum Sektor 14 Tanam 200 Pohon Buah

TNI / POLRI128 Views

PURWAKARTA,- Satgas Citarum Harum Sektor 14 bersama Perangkat Desa Tajursindang, Ormas Pemuda Pancasila (PP), Karang Taruna dan masyarakat setempat melaksanakan penanaman 200 pohon buah dilahan kosong milik masyarakat dan sebagian milik PJT II berlokasi di Kampung Garunggang Rt 21 Rw 06 Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani Purwakarta.

Bintara Tinggi Oprasional (Batiop) Satgas Citarum Harum Sektor 14 Serma Robby mengatakan, penanaman pohon kali ini dilaksanakan bersama masyarakat. Menurutnya kegiatan ini sangat spesial, karena dilakukan bersama Perangkat Desa, Ormas PP, Karang Taruna dan masyarakat.

“Penanaman pohon ini sangat sering dilakukan, di antaranya dengan Sampoerna Tbk, beberapa ormas lainnya dan kelompok masyarakat. Namun saat ini penanaman pohon ini dihadiri dari rekan-rekan ormas khususnya masyarakat setempat,”kata Robby. Rabu (25/8/2021).

“Berbagai pohon buah ditanam di sini. Di antaranya Nangka, Durian, Lengkeng dan Rambutan. Menanam pohon ini bisa dilakukan oleh siapa saja makhluk ciptaan Tuhan,” tambahnya.

Zaenal anggota Karang Taruna Bangkit Bersama Desa Tajursindang menambahkan lokasi penanaman tidak jauh dengan bantaran sungai anak Citarum ini perlu dihijaukan kembali. Karena, penanaman pohon ini penting dilakukan untuk mencegah erosi.

Selain itu, lanjut dia, bantaran sungai harus kembali hijau dengan rutin melakukan penanaman pohon, agar tidak terjadi longsor.

“Kami akan mengajak semua pihak untuk bersama menjaga Sungai Citarum. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di bantaran sungai,”tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *