Musim Corona, Ekspor Keramik Plered Menurun

PURWAKARTA, – UPTD Sentra Pengembangan Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta yang biasa mengekspor 10 kontainer saat musim virus corona hanya bisa ekspor 3 kontainer keramik fungsi dan hias untuk bulan Maret sekarang.

Kepala UPTD Sentra Pengembangan Kramik Plered, Mumun Maemunah, SE didampingi stafnya Jujun Junaedi saat ditemui pijarnusa.com di ruang kerjanya mengatakan, untuk saat ini jumlah ekspor keramik bulan Maret barus 3 kontainer yang bisa diekspor.

“Yang pasti target awal tahun 2020 tidak bisa melebihi tahun sebelumnya sebanyak 108 kontainer.” Ujarnya, Kamis (26/3/20).

Meski demikian, Mumun mengaku tidak bisa memastikan jika akan mencapai target. Namun pihaknya akan berupaya mampu mencapai target tersebut. Keramik hasil pengrajin tangan masyarakat Desa Anjun Kecamatan Plered ini, telah lama berhasil menembus pasar ekspor di luar negeri.

Pada 2014 lalu, eskpor keramik mencapai 75 kontainer. 2015 jumlahnya naik mencapai 80 kontainer.
Kemudian, tahun 2016 ekspor kembali mengalami kenaikan mencapai 112 kontainer. Namun pada 2017 gerabah keramik mengalami penurunan hanya ekspore 98 kontainer, dan pada 2018 ekspor kembali meningkat menjadi 108 kontainer.(Lily)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *