DLH Purwakarta Ingin Lingkungan Bebas Dari Sampah

PURWAKARTA, Pijar Nusa – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta akan terus berupaya untuk menjaga lingkungan terbebas dari sampah dan berharap semua masyarakat harus bisa bekerjasama dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Untuk saat ini ada beberapa kecamatan yang masih terlihat tidak teratur membuang sampahnya bahkan seenaknya membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga lokasi tersebut kelihatan jorok dan tidak pantas dipandang.” Ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deden Guntari saat ditemui seusai acara oprasi pasar diareal pasar leuwi panjang Kelurahan Purwamekar, Jumat (06/03/20).

Deden menegaskan, bahwa pihaknya sudah menekankan semua desa harus bisa menciptakan bank sampah yang bisa dikelolah langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Ini salah satu program yang harus dilaksanakan oleh semuah desa apabila desanya berkeinginan bersih atau terbebas dari sampah hal seperti ini harus dilaksanakan sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman,” kata Deden.

Jusru, lanjut Deden, kalau desanya belum ada Bumdes berarti desa tersebut tidak bisa menjalankan amanat dari pemerintah pusat apalagi saat ini desa mempunyai Kementrian Desa (Kemendes) tersendiri, jadi kita harus malu kalau tidak bisa menghidupkan bumdesnya.

“Ini akan menjadikan sangsi administrasi kalau desa tidak bisa mengaktifkan bumdesnya sama sekali belum berjalan secara tidak langsung desa tersebut tidak bisa memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat,” katanya.

“Harapan kami kedepan semua desa harus bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait sehingga bisa menjadikan kota Purwakarta ke arah yang lebih istimewa,” tandasnya.(Lily)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *