Peringati Hari Pahlawan, Desa Bunder ‘Nanggap’ Wayang Golek Candra Kirana

PURWAKARTA, Pijar Nusa – Masyarakat Desa Bunder malam tadi diguyur hiburan kesenin wayang golek “Candra Kirana”, tetapi sebelum acara dimulai dilakukan dulu pembagian santunan kepada anak yatim yang langsung serahkan secara sembolis oleh pendiri kesenian wayang golek Candra Kirana pimpinan Ade Amirulloh (Kisade) Jalan Pramuka Desa Bunder Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.

Selain wayang golek, masyarakat juga dihibur dengan kesenian deubus dari Banten. Sengaja kesenian deubus ini dipamerkan bersamaan  dengan kesenian wayang golek ini salah rangkaian menyambut Hari Pahlawan 10 November Tahun 2019.

Salah seorang tokoh masyarakat dan budayawan Purwakarta, Ki Sade, saat ditemui di lokasi acara mengatakan, “Kesenian ini sengaja kami tampilkan diwilayah kita sendiri (dikampung sorangan red) karena sangat membantu kepada masyarakat khususnya Desa Bunder apabila berkeinginan ingin menampilkan (boking) kesenian wayang golek candra kirana tinggal menghubungi kami insya allah gratis,” ujarnya.

“Ini salah satu program kami kedepan bahwa kesenian wayang golek candra kirana tidak akan tarif komersil dan kesenian ini sudah menjadikan agenda kami bahkan sudah berkerjasama dengan pemerintah daerah apabila masyarakatnya ingin dihibur tinggal berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat,” tandasnya.(Lily)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *