Moeldoko : Tanpa Petani, Sektor Pertanian Tidak Akan Maju

JAKARTA, Pijar Nusa – Ketua Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) Moeldoko dalam sambutannya di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) mengatakan, sektor pertanian tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi karena sektor pertanian menyangkut pangan yang memang dibutuhkan oleh semua masyarakat. Sektor pertanian bisa tumbuh karena ada peran petani di dalamnya.

“Tanpa petani sektor pertanian tidak akan berkembang. Dan, di zaman modern seperti sekarang ini, petani harus bisa berdaya saing dengan mengikuti perkembangan teknologi digital,” kata Moeldoko, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Rapimnas diadakan untuk membahas kondisi pertanian di Indonesia sekaligus tempat untuk saling bertukar informasi sesama anggota.

Menurut Moeldoko, teknologi digital sudah masuk ke sektor pertanian melalui alat alat pertanian yang sudah serba digital. Oleh karena itu, petani di Indonesia harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan selain itu perkembangan teknologi juga bisa meningkatkan produktivitas pangan.

“Petani itu harus cerdas dan harus pandai mengikuti perkembangan teknologi karena zaman terus berubah dan sudah tidak manual lagi,” tandas Moeldoko.

Dia menjelaskan, persoalan yang terus dihadapi petani adalah ketika musim panen datang harga komoditas turun untuk mengatasinya petani bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperbanyak hasil panen.

“Ketika harga komoditas turun maka ongkos produksi masih bisa ditutupi karena hasil panen yang melimpah dan bisa mencegah kerugian dari awal,” ujarnya.

HKTI, lanjut Moeldoko, juga harus menjadi jembatan yang menghubungkan petani dengan dunia riset, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan dan BUMN. Untuk itu, HKTI akan selalu ada untuk petani dan siap membantu mereka jika ada masalah, pada intinya petani harus hidup lebih sejahtera.

“Tanpa petani sektor pertanian tidak akan maju, jadi petani harus dilindungi dan dimudahkan langkahnya,” ujar dia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *