Tim Gabungan Satgas Gakkum Tembak Mati Satu Orang KKSB Di Intan Jaya

Papua, pijarnusa.com – Telah terjadi kontak tembak antara Tim Pasukan Gabungan TNI/Polri dengan kelompok KKSB disekitar Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek, Kab. Intan Jaya. Provinsi Papua, pada hari Selasa (18/02/2020).

Menurut Kepala penyiar daerah militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel CPL Eko Daryanto, Kontak tembak yang terjadi sekitar pukul 07.20 berlangsung pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan Patroli Keamanan, melihat Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata di sekitar Kampung Gulanggama Komplek dengan membawa 2 pucuk senjata.

“Pada saat pengejaran, terjadi kontak tembak dan kelompok KSB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba”, terang Kapendam via WA.

Lanjut Kapendam. Beberapa saat setelah kontak tembak, Tim Gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak dan menemukan beberapa barang bukti antara lain 1 (satu) orang mayat laki-laki (18 tahun) an. Meki Tipagau, suku Moni yang berhasil dilumpuhkan saat terjadi kontak tembak.

“Setelah kontak tembak usai, tim melakukan pembersihan sektor dan menemukan satu orang KSB yang telah tewas dan juga tim menemukan 1 pucuk senjata api (Senpi) sedangkan 1 pucuk senpi lainnya sempat dibawah lari oleh KSB lainnya. dari hasil Keterangan yang diperoleh dari kepala suku, membenarkan bahwa yang bersangkutan bergabung dengan OPM/KSB”, jelas Kapendam.

Tim Gabungan juga mendapatkan adanya korban terkena tembakan rekoset munisi yang menurut perkiraan dari kelompok OPM dikarenakan posisi mereka dibawah lembah menembak membabi buta kearah pasukan Tim Gabungan yang berada diposisi ketinggian, sehingga tembakan KSB mengenai seorang perempuan 14 tahunan, Kina Sani, suku Moni, terkena tembakan di telapak kaki kiri.

“Saat ini korban sudah ditangani dan selanjutnya dievakuasi ke Sugapa dilanjutkan ke Timika untuk diambil proyektilnya”, terangnya.

Barang bukti lain yang didapat Tim Gabungan diantaranya 1 unit Laptop, unit 1 Handphone, 1 unit HT, 2 pucuk senjata rakitan, 1 unit mesin Fax, 1 buah busur panah dan beberapa anak panah. (Fian).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *