Desa Pinole Fokuskan DD Untuk Bangun Infrastruktur

Konawe (Sultra), Pijar Nusa – Pemerintahan Desa (Pemdes) Pinole Kecamatan Latoma Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara terus fokus membangun sarana prasarana infrastruktur jalan, baik Duker, Jembatan semi Permanen dan Drainase maupun jalan lingkungan yang ada dilingkungan wilayah desa setempat.

Hal ini mengingat masih banyaknya sarana infrastuktur jalan yang saat ini kondisinya masih banyak yang rusak dan harus diperbaiki.

Kepala Desa (Kades) Pinole, Nuriatin mengatakan, bahwa dalam berapa tahun terakhir ini pemerintah Desa masih fokus dalam pembangunan infrastruktur, dengan menggunakan anggaran dana Desa yang telah digelontorkan oleh oemerintah pusat.

“Kami akui desa kami masih tertinggal dari desa lain, sehingga selama beberapa tahun terakhir ini anggaran desa diprioritaskan untuk infrastruktur jalan khususnya Perbaikan jalan yang sebelumnya kurang maksimal, sekarang sudah lumayan bagus berbeda dengan sebelunmya,” ungkapnya.

Lanjut dikatakanya, menjadi pemimpin dalam suatu Desa atau Kampung harus bisa memahami kondisi serta apa keinginan Masyarakat.

Menurut Nuriatin dengan telah dibangunnya sarana infrastuktur masyarakat akan lebih nyaman dan sejahtera.

“Karena jika sarana infrastruktur bagus, itu sangat perlu untuk kemajuan masyarakat, dan ada perputaran dibidang ekonomi maupun dibidang lainnya serta masyarakat tersejahterakan,” katanya.

Meski demikian Pemerintah Desa juga tetap memperhatikan sumber daya manusia yang dimiliki oleh warga. Buktinya tahun lalu Pemerintah Desa telah melaksanakan berbagai pelatihan untuk warganya seperti SISKEUDES serta Pelatihan lainya dan kami juga menganggarkan dari Dana Desa untuk Pengobatan Lansia dan Bumil kami anggarkan demi untuk kesehatan Masyarakat Desa.

Iya juga menambahkan, sangat bersyukur dengan adanya dana desa, sebab manfaat dari dana desa cukup membantu desanya dari ketertinggalan.

Namun, desa yang memiliki luas wilayah yang cukup lumayan dan jauh dari akses Perkotaan ini didalamnya masih banyak kendala, salah satunya adalah lampu penerangan jalan dan keterbatasn SDM aparat desa serta Perlu lagi ada Perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah dari Sektor Pertanian, karena Desa ini sangat Potensi sekali di bidang Pertanian.

“Kami mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi di desa kami agar kehidupan masyarakat semakin sejahtera, sehingga kami sangat berharap bantuan dan dukungan Pemerintah Daerah dalam bentuk bantuan baik di bidang peternakan, pertanian, lampu jalan maupun sektor lainnya, ” harapnya.

(HNR Andri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *