dr. Titie Purwaningsari : Bidang Pelayanan Kesehatan Memcakup Semua Layanan Kesehatan

Tasikmalaya, Pijar Nusa – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (kabid Yankes) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Rr.dr. Titie Purwaningsari, MMRS, mengingatkan bahwa Dinas Kesehatan itu mempunyai bidang pelayanan kesehatan yang mencakup semua layanan kesehatan.

“Layanan kesehatan itu mencakup semuanya, ya di situ ada layanan dokter praktek, dokter mandiri, palayanan klinik, pelayanan Puskesmas dan pelayanan rumah sakit, layanan lanjutan atau layanam sekunder. Dari semua itu adanya di bidang pelayanan kesehatan,” ungkap dr. Titie, saat ditemui di ruanganya, Kamis (6/2/2020).

Lanjutnya, pelayanan kesehatan tidak terbatas hanya di Puskesmas atau di rumah sakit, tetapi semua yang berbau pelayanan kesehatan.

“Jadi jangan berpikir pelayanan kesehatan itu hanya di Puskesmas. Seperti pengobatan bekham, akupunktur itu juga adalah pelayanan kesehatan tradisional di kota Tasik, yang merupakan tanggung jawab di sini bidang Yankes,” imbuhnya.

dr.Titie juga menegaskan, semua yang berbau layanan kesehatan karena merupakan tanggung jawab bidang Yankes, bila ada keluhan dan pengaduan dari masyarakat sepsrti malpraktek, tidak punya SP, keluhan pasien maka semuanya akan dilakukan tindakan pelayanan kesehatan sesuai bidangnya.

“Jadi kalau ada keluhan pasien seperti penyakit tidak menular maka akan dilarikan ke bidang P2P atau misal ada pasien lansia atau balita maka kita larikan ke bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Jadi ada porsi-porsinya masing-masing,” tuturnya.

Mengakhiri penjabaranya, dr.Titie menyinggung, bahwa bidang Yankes selalu melakukan pemgawasan kepada mereka yang melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk kelengkapan dokter Puskesmas saat melakukan pelayanan kesehatan kepada pasien.

“Jadi tegur atau laporkan kepada bidang yankes kalau ada dokter Puskesmas yang tidak mengenakan jas khusus untuk dokter, karena jas tersebut akan membantu psikis pasien menjadi nyaman ketika tau yang melakukan pemeriksaan adalah dokter. Karena memakai jas kerja dokter,” tandasnya. (Deniz Asdhans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *