Desa Mekarsari Lantik Ketua RT Secara Serentak

Rumpin (Bogor), Pijar Nusa – Pemerintahan desa Mekarsari melaksanakan pelantikan atau pengukuhan 26 (dua puluh enam) ketua RT secara serentak pada hari ini, Senin 27 Januari 2020 bertempat di aula kantor desa.

Pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan ketua RT di pimpin langsung oleh Hendrik Kepala desa mekarsari, di dampingi Tatang S (sekdes), Ketua BPD Ujang Somawijaya, Aiptu Ateng Nasuta Bhabinkamtibmas, Babinsa Peltu Taufik H, Kadus, para ketua RW dan Purnabakti ketua RW dan RT.

Di dalam pelaksaan pelantikan atau sumpah jabatan ketua RT turut hadi DR. Rusliandy Camat rumpin dan Mulyadi Kasi-pemerintahan kecamatan Rumpin kabupaten Bogor.

DR. Rusliandy Camat rumpin dalam sambutanNya menyampaikan dan mengintruksikan beberapa hal di antaranya:
a. Ketua RT harus aktif dan berperan serta dalam segala aspek kegiatan di wulayahnya terutama pembangunan infrastruktur.
b. Ketua RT mencatan atau merevisi ulang kependudukan agar tidak ada lagi permaslaahkan di DPT.
c. Ketua RT harus ikut serta di dalam musrembang dan simlar (melaporkan apa saja yang dibutuhkan di wilayahnya mulai dari jalan lingkungan, dan lainnya. Dan melakukan pengajuan ke pihak desa).

“Poin-poin itu yang harus dilaksanakan oleh semua ketua RT supaya menjadi desa yang berkembang dan maju.” Tandasnya.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengintruksikan agar semua ketua RT yang terpilih selalu berkoordinasi dengan ketua RW dan desa. Perlu di ketahui di tingkat kecamatan ada yang namanya Muspika, di desa mekarsari pun ada yang namanya 3 (tiga) pilar di antaranya :
-Kepala Desa
-Babinsa
-Bhabinkamtibmas

Tiga pilar ini yang akan menjadi wadah komunikasi semua pihak mulai dari ketua RT, ketua RW, kadus dan masyarakat. Tutur keduanya

Aiptu Ateng Nasuta Bhabinkamtibmas menambahkan. Sangat penting dan sangat perlu di ketahui oleh semua pihak tentang tugas poko TNI dan POLISI, di dalam hal ini tugas TNI (Babinsa) ialah menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia mulai dari tingkat desa. “Dan tugas POLISI (Bhabinkamtibmas) ialah menjaga keamanan dan ketertiban di dalam negri atau negara.” Tandasnya.

Ada hal yang menarik di acara pelantikan ketua RT se-Desa mekarsari. Dimana dari jumlah 26 (dua puluh enam) ketua RT yang terpilih, ada satu ketua RT perempuan yaitu Yati ketua RT 04 RW 03 kampung Bojong Keong.

Hendrik kepala desa Mekarsari mnegaskan kepada seluruh ketua RT yang terpilih agar bekerja dengan jujur, rajin, amanah, dan peran aktif di dalam segala bidang. “Terutama masing-masing ketua RT harus menggali potensi-potensi di wilayahnya masing-masing.” Ucapnya.

Lanjut Hendrik, untuk sistem admitrasi kependudukan seperti pembuatan KTP, KK, dan lainya harus melalui ketua RT dan RW (surat pengantar). Tujuan pihak desa bukan untuk mempersulit akan tetapi agar semuanya terlibat dan memeng itu sudah aturannya.

“Bilamana kedepannya ada salah satu warga yang ingin mengurus KTP bila tidak ada surat pengantar dari RT dan RW pihak desa akan menolak (mengarakan agar membawa surat pengantar ketua RT dan RW). Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Purnabakti ketua RT. Tandasnya

Acara pelantikan dimulai dengan pembacaan kulum qur’an yang di bacakan saudari Noktaviah, dan dilanjut semua tamu undangan di harap berdiri sambil menyanyikan lagu kebangsaan “INDONESIA RAYA”, yang menjadi Dirigen Saudari Febby.

Dilanjut dengan pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan oleh kepala desa dan diikuti oleh semua ketua RT. Selesai pengambilan sumpah jabatan atau pelantikan masing-masing ketua RT menerima Surat Keterangan (SK).(Boim/Ny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *