H. Wawan Nurwandi Gencar Pembangunan Infrastruktur di Desa Rabak

Rumpin (Bogor), Pijarnusa.com – Kepala desa Rabak H. Wawan Nurwandi S.AP, memprioritaskan program awal pemerintahannya pembangunan infrastruktur jalan lingkungan dan akses jalan ke titik pertanian menjadi pioritasnya, guna memperlancar roda perekonomian desa.

Mengingat potensi-potensi di desa Rabak sangat banyak dan berlimpah mulai dari sektor pertanian, sumber daya manusia (SDM) nya, pada garis besarnya hasil alam yang berlimpah seperti tanaman palawija dan lainnya.

Yang paling menonjol ialah penanaman kopi yang ada di kampung Cijantung, kopi asli hasil tani warga kampung cijantur pemasaran penjualannya sudah mencapai tingkat kabupaten. Kopi asli dari kampung cijantur desa rabak di berinama “RUMASA” yang artinya “Rumpin Boga Rasa”.

Kendala para petani kopi dan petani lainnya ialah akses jalan ke titik pertanian belum bisa di lalui oleh kendaraan roda 4 (empat), untuk saat ini hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua, akan tetapi untuk membawa hasil panennya para petani menggunakan jasa panggul. Tentu saja untuk upah jasa panggul cukup tinggi di bandingkan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Melihat hal ini H. Wawan Nurwandi kepala desa rabak kecamatan rRumpi yang baru saja menjabat mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan lingkungan dan akses jalan menuju lahan pertanian menjadi pioritas saya.

“Mengingat pembangunan infrastruktur kurang lebih baru sekitar 40%, masih jauh dari kata layak. Tujuan kami kalau akses jalan ke lahan pertanian sudah barang tentu perekonomian akan meningkat dengan pesat.” Tuturnya.

Lanjut dia, dan untuk BUMDes langkah awal pemrintahan desa rabak akan bergerak di bidang jasa, “Contohnya seperti pembayaran token listrik, dan lainnya. Untuk tahan berikutnya atau langkah berikutnya BUMDes akan bergerak di bidang perikanan dan pertanian.” Ungkapnya.

Ketua BPD Muhdori menambahkan, “pada intinya pemrintahan desa dan BPD akan bekerja sama untuk mengembangkan dan menggali potensi-potensi yang ada di desa rabak, kecamatan rumpin, kabupaten bogor.” Tandasnya.(Boim/Ny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *