Kabid Humas Polda Jabar : Penertiban Bangunan di Kawasan Rumah Deret Tamansari Bandung

Bandung, Pijarnusa.com – Pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019 telah dilaksanakan kegiatan Penertiban Bangunan dikawasan Rumah Deret Tamansari Jl. Kebon Kembang RW. 11 Kel. Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung.

Diinformasikan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka pelaksanaan penertiban Bangunan di kawasan Rumah Deret Tamansari Jl. Kebon Kembang RW 11 Kel. Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah sekitar Pukul 07.00 Wib di Halaman Kantor PDAM Tirta Wening Jl. Badak Singa Kota Bandung, dilaksanakan Apel Pengamanan Pelaksanaan Penertiban Bangunan dikawasan Rumah Deret Tamansari Jl. Kebon Kembang RW. 11 Kel. Tamansari, dengan Jumlah personel 1.250 personel (Gabungan Polri, TNI dan Satpol PP Kota Bandung), Apel Pengamanan dipimpin oleh AKBP Widodo (Kabag Ops Polrestabes Bandung).

Pukul 08.50 Wib Pasukan Gabungan Penertiban Rumah Deret bergerak menuju lokasi penertiban rumah deret di RW 11 Kel. Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung.

Pukul 09.00 Wib Pasukan Gabungan Penertiban Rumah Deret tiba di lokasi penertiban rumah deret di RW 11 Kel. Tamansari dan langsung memberi himabauan kepada warga yang kontra oleh Kasat Pol PP kota Bandung Bpk. Rasdian.

Pukul 09.15 Wib dilaksanakan penertiban oleh Satpol PP Kota Bandung, dengan petugas dari dinas DPKP3 serta diback up oleh pihak Kepolisian dan TNI

Pukul 09.30 WIB Pada saat proses pelaksanaan penertiban mendapat penghadangan oleh warga yang kontra tergabung dengan aliansi rakyat anti penggusuran (NiNo cs) sebanyak 20 orang

Pukul 10.15 Wib dilaksanakan penertiban yang dilakukan oleh satpol PP sebanyak 5 (lima) unit Rumah antara lain Rumah Sdri. Eva, Rumah Sdr. Sambas, Rumah Sdr. Agus, Rumah Sdr. Ajo dan untuk 1 rumah belum terdata siapa pemiliknya

Pukul 10.30 Wib alat berat cobelco di turunkan dengan pengawalan dari Sat Sabhara untuk dilakukan ekseskusi sisa bangunan yang berada di lokasi reruntuhan rumah deret tamansari.

Pukul 11.10 Wib kembali mendapat perlawanan dari warga yang kontra dibantu oleh massa ARAP.

Pukul 11.17 Wib dilakukan perobohan bangunan (Rumah Sdr. Ajo) oleh alat berat cobelco.

Pukul 11.45 WIB aktifitas kegiatan di hentikan sementara untuk ISHOMA

Pukul 12.30 WIB Kegiatan pembongkaran rumah (sdr.Ajo) dilanjutkan kembali.

Pukul 13.55 Wib Masa yang tergabung dalam aksi solidaritas dari APB, ARAP, Anarko dan Warga Kontra Rumah Deret melakukan perlawanan dengan melemparkan batu kearah petugas dan proses pembongkaran dihentikan sementara.

Pukul 14.10 Wib dilakukan himbauan oleh AKBP Widodo (Kabag Ops Polrestabes Bandung) melalui pengeras suara agar masa yang berada dilokasi pembongkaran untuk meninggalkan lokasi dan tidak melakukan pelemparan kepada petugas.

Pukul 14.45 Wib dilakukan pembubaran terhadap masa yang masih berkumpul di area rumah deret menggunakan gas air mata, dan pada kejadian tersebut Danton Dalmas Aipda Deni mengalami luka lempar di kepala bagian belakang

Pukul 15.30 WIB massa dari aliansi dibubarkan oleh sat brimobda Jabar dan didorong ke arah Baltos jalan Tamansari,dan dapat diamankan sebanyak 16 orang massa di kantor Sat Pol PP.

Pukul 17.45 WIB proses pembongkaran masih berlanjut beberapa bangunan sudah terbongkar dan untuk sebagian rumah masih dilaksanakan menggunakan alat berat.

(Asep Nana Saefulloh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *