Wakil Bupati Pangandaran Resmikan Kegiatan Pembukaan Job Fair Pangandaran Tahun 2023

Pangandaran , Pijarnusa.com
Dengan tujuan utama untuk meminimalisir angka pengangguran dan membuka peluang lapangan kerja, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) menggelar kegiatan pembukaan Job Fair Pangandaran tahun 2023, yang bertempat di Alun-alun Paamprokan Dusun Padasuka Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Rabu (14/6/2023 ).

Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi, Hj Tini Nurmasari S.Sos, M.M , Kapolres Pangandaran, AKBP Hidayat, S.H, S.I.K, Kasdim 0625/ Pangandaran, Mayor Czi . Budi Arianto serta Wakil Ketua DPRD Pangandaran Jalaluddin, S.Ag, secara resmi membuka kegiatan Job Fair Pangandaran Tahun 2023 tersebut .

Adapun tamu yang hadir lainnya, Kepala BPBD, Untung Saeful Rohman, S.Sos, M.M, Kadis KPK ( Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan), Dedi Surahman S.Sos.M.Si. Kasatpol PP Drs. Dedi Rahmat, M.Si, Kadis Dukcapil Drs. Yadi Setiadi, ara Camat se-Kab. Pangandaran, Direktur PDAM Pangandaran Ir.H Agus Teguh, perwakilan Karang Taruna Pangandaran, Dede Supratman, para perwakilan perusahaan dan para pencari kerja.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menyampaikan bahwa wilayah Pangandaran sebagai daerah tujuan untuk wisata tentunya mempunyai potensi untuk membuka peluang terciptanya lapangan kerja dan sebagai Daerah Otonomi Baru ( DOB ) sangat diminati oleh para pengusaha yang ingin berinvestasi di Pangandaran, perihal ketenagakerjaan itu tidak lepas dengan pengangguran, berbicara dengan kemiskinan, berbicara dengan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut H. Ujang Endin untuk dapat terciptanya investasi atau menarik investor itu diperlukan berbagai persyaratan, dan perlu didukung berbagai hal yang paling utama adalah kondusifitas daerah itu sendiri.

“Di Pangandaran ini mempunyai karakter tersendiri, beda dengan karakter di Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Pangandaran mempunyai karakter keras karena berada dikawasan pesisir laut,” ujarnya.

Wabup H. Ujang Endin mengatakan agar investor itu datang berminat untuk berinvestasi ke Pangandaran itu, saya berharap masyarakat harus dinamis menjaga kondusifitas keamanan, adapun jumlah persentase pengangguran di Kabupaten Pangandaran saat ini masih termasuk tinggi, kesenjangan informasi merupakan kendala di dalam memperoleh ketenagakerjaan antara pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan.

Maka dengan adanya kegiatan Job Fair ini diharapkan bagi para pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pangandaran ini.

” Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pangandaran, dan yang belum mendapatkan pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama , Kepala Disnakertrans Kabupaten Pangandaran Hj Tini Nurmasari, S.Sos,M.M. menyampaikan laporan kegiatan Job Fair Pangandaran tahun 2023 ini atas dasar hukum :
– UU No.13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan
– Permen Ketenagakerjaan No.39 th.2016
tentang penempatan tenaga kerja
– Perbup Pangandaran No.86 th 2022
tentang penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2023 .

Maksud kegiatan yaitu :
1. Mempertemukan antara perusahaan
penyedia lapangan kerja dengan pencari
kerja secara langsung dan tatap muka.
2. Memberi kesempatan kepada calon
tenaga kerja sesuai spesialisasi
keahliannya .
3. Mengurangi jumlah pengangguran dengan memberi penyebarluasan lapangan kerja

Tujuan Kegiatan adalah :
A. Tersedianya lapangan pekerjaan bagi
pencari kerja sehingga nantinya dapat
meningkatkan taraf hidup masyarakat
B. Tersedianya sarana bagi perusahaan
dalam mencari tenaga kerja yang dibutuhkan
C. Mempermudah rangkaian rekrutmen
dalam penerimaan tenaga kerja
D. Mendukung program pemerintah dalam
pencegahan dan meminimalisir tingkat
pengangguran

Di akhir laporannya Hj. Tini Nurmasari menyampaikan dari perusahaan peserta Job Fair ini sebanyak 34 perusahaan dari berbagai jenis sektor usaha dari dalam dan luar kabupaten Pangandaran .

” Adapun dari pencari kerja peserta Job Fair tahun 2023 saat ini yang telah mendaftar secara online kurang lebihnya sebanyak 2400 orang mudah-mudahan akan bertambah dengan cara mendaftar secara langsung,” pungkasnya.( Toni )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *