Bupati Pangandaran Lantik 9 Kades Terpilih Tahun 2023

Pangandaran, (Pijarnusa.com) – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melantik secara sekaligus sembilan kepala desa (kades) terpilih tahun 2023 di halaman kantor pendopo Bupati yang berada di wilayah kecamatan Parigi, Senin (29/5/2023).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa tersebut dihadiri pula oleh Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, Dandim 0625 Pangandaran Letkol Arm Yusuf Andrianto SE, Kepala SKPD, serta tokoh masyarakat Pangandaran.

Sembilan kades yang dilantik tersebut adalah hasil dari pelaksanaan Pilihan kepala desa ( Pilkades ) serentak yang dilaksanakan pada Rabu 03 mei 2023 di delapan desa yang berada di 5 wilayah kecamatan, dan hasil dari pelaksanaan pilkades pengganti antar waktu ( PAW) , pada Kamis 11 Mei 2023 di satu desa, yang mana Pilkades antar waktu itu dilaksanakan atas dasar kades di desa tersebut meninggal dunia sedangkan almarhum ( kades ) saat itu baru lima bulan melaksanakan kinerjanya.

Di acara pelantikan kades tersebut, Bupati Pangandaran, H.Jeje Wiradinata dalam sambutannya menyampaikan bahwa pilihan kepala desa ( Pilkades ) adalah merupakan sarana demokrasi dalam menentukan pimpinan di tingkat desa sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah diatur dalam perundang-undangan.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten pangandaran mengucapkan selamat bekerja kepada kepala desa terpilih, ini merupakan amanah dari masyarakat, oleh karena itu jagalah kepercayaan itu dengan senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal dan tidak diskriminatif,” ujar Bupati Pangandaran dalam sambutannya.

“Tanggungjawab saudara saudara itu cukup berat, tentunya harus dapat menganalisa, membuat dan menyusun langkah-langkah strategis untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki , serta kerjasama dan kebersamaan yang baik antara kepala desa dan perangkat desa juga dengan badan permusyawaratan desa ( BPD ),” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Jeje, seorang kepala desa harus mampu untuk berinovasi dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah, pembangunan serta pelayanan / pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin cepat perkembangannya, partisipasi masyarakat serta semua komponen terkait dalam pelaksanaan pemerintahan desa, pembangunan di desa serta pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi mutlak diperlukan.

Berikut 8 Kades terpilih dari pelaksanaan Pilkades serentak serta nama desa & kecamatannya diantaranya :

– Kecamatan Mangunjaya
1. Desa Mangunjaya – Suhuri S.Ag
2 . Desa Sukamaju – Salikin DP

– Kecamatan Kalipucang
1 . Desa Ciparakan – Sarji

– Kecamatan Pangandaran
1 . Desa Babakan – Undang Herdi

– Kecamatan Parigi
1 . Desa Parakanmanggu – Ano

– Kecamatan Cimerak
1 . Desa Sukajaya – Ruspendi
2 . Desa Ciparanti – Dadang Suherman

– Kecamatan Langkaplancar
1 . Desa Pangkalan – Ruhyana

Adapun Kades terpilih dari pelaksanaan Pilkades pengganti antar waktu ( PAW), yakni :

– Kecamatan Padaherang
1 . Desa Sukanegara – Eko Setianto

Di akhir sambutannya Jeje Wiradinata menyatakan dalam waktu dekat kita semua juga akan menghadapi pesta demokrasi yang skalanya lebih besar lagi yaitu pilpres, pilkada, serta pileg serentak di tahun 2024.   “Tentunya kami berharap saudara semua dapat menjaga kondusifitas, ketertiban, serta keamanan selama menghadapi tahun politik ini,” ucapnya.

Jeje menberikan pesan untuk terus tumbuhkan rasa gotong royong antar sesama kita untuk terus membangun desa dan tentunya untuk kabupaten Pangandaran yang kita cintai ini. “Berbeda pendapat serta beda pandangan merupakan sebagian dari kebebasan berdemokrasi , sehingga jangan sampai itu justru bisa memecah belah kita semua,” pungkasnya. ( Toni )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *