PT Win Textile Bersama Dansektor 14 Melaksanakan Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan di Sungai Cinangka

TNI / POLRI286 Views

PURWAKARTA,- PT Win Textile melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan tabur benih ikan bersama Satgas Citarum Harum Sektor 14 juga dihadiri tamu undangan dari perwakilan perusahaan diwilayah Jatiluhur, PJT II, Muspika Jatiluhur dan DLH berlokasi di Kampung Cinangka Desa Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.

Manager HRD & GA PT Win Textile Dede Ica Wijaya mengatakan, kegiatan ini digagas oleh Dansektor 14 berkerjasama dengan PT Win Textile dalam kegiatan penghijauan dan normalisasi sungai Cinangka sebagian bentuk kepedulian terhadap lingkungan salah satunya melakukan penanaman pohon dan penaburan benih ikan disungai Cinangka.

“Penanaman pohon ini recananya akan ditanam dibantaran sungai Cinangka ada lima jenis pohon di antaranya pohon mangga, alpuket, durian, rambutan dan matoa jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 1.350 pohon yang siap ditanam”, kata Dede saat ditemui dilokasi penanaman, Jumat 27 Nopember 2021.

Dalam penanaman pohon ini kita harapkan tentunya ini akan memperbaiki kualitas udara disekitar karena kita tahu pohon ini mengasilkan oksigen yang kita butuhkan, disamping itu juga bisa mencegah erosi dipinggiran sungai Cinangka ini sehingga longsoran-longsoran bisa diminimalisir dan sungainya tetap lestari tidak terjadi pendangkalan.

Dansektor 14 Kolonel  Inf Abdullah S.Sos, M.Si  menegaskan, program normalisasi sungai Cinangka ini merupakan tujuh dari sungai citarum ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama dan poin yang penting lagi adalah ternyata PT Win Textile yang menjalakan kegiatanya disini ternyata bertanggungjawab manakala terjadi satu persoalan dan kita saksikan bersama PT Win Textile ternyata peduli terhadap lingkungan.

Alhamdulillah kami juga dapat bantuan dari pihak perusahan berupah tong sampah sebanyak 250 tong yang rencananya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dari hari sekarang juga sudah banyak yang meminta.

“Kita akan selalu memanfaatkan tong sampah ini dengan baik dan kita bisa membiasakan membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan kita selalu bersih dan sehat”,kata Dansektor 14 saat ditemui di Posko Jalan Ir H Djuanda Jatiluhur Purwakarta.

Masih ditempat yang sama perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta diwakili Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Sukarna Pura, S.Sos bersama Indi Annisa Hapsari, ST.,M.Trap menambahkan, pada prinsifnya memang ini tupoksi bidang lingkungan hidup dan lingkungan hidup bukan hanya terkait kepada pengelolahan limbah oleh perusahaan.

“Tetapi kita juga selalu mendukung seperti penanaman pohon yang bisa ditanam dibantaran sungai  ini akan bisa memberiakan kontribusi terhadap pemeliharan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum untuk kegiatan seperti ini saya sangat mengapresiasi”,ujarnya.

Kepala Desa Jatiluhur Ali Sadikin menambahkan yang pertama kerjasama dimotori Satgas Citarum Harum Sektor 14 kemudian kerjasama dengan PT Win Textile ini salah satu pengendalian lingkungan terutama yang kita harapkan pencegahan pencemaranya.

“Disamping penanaman pohon juga ada penaburan bibit ikan untuk pohonnya bisa mengantisipasi bencana longsor terhadap lingkungan kita harus bisa bekerjasama dengan baik agar kita selalu bisa menjaga dan merawat lingkungan kita bersih terbebas dari pencemaran limbah perusahaan”, pungkasnya.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *