Camat Purwakarta Buat Terobosan Untuk Minimalkan Sampah di Wilayahnya

Jawa Barat108 Views

PIJARNUSA.COM-PURWAKARTA,-Camat Purwakarta terus berupaya mengelola sampah agar jumlah sampah yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat terminimalisir.
Camat Purwakarta Dodih Hamdani, SE mengungkapkan, terdapat banyak pilihan untuk meminimalisir sampah di Kecamatan Purwakarta.

Salah satunya adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Ricyle (TPS3R) di Kampung Baru Jalan Lodaya Rt 02 Rw 01 Kelurahan Nagri Tengah Purwakarta.
“Kecamatan Purwakarta harus menjadi palet projec untuk menjadi percontohan yang bertajuk kota bersih, nyaman, dan sudah terdapat 5 TPS3R yang tersebar di Kabupaten Purwakarta,” kata Dodih Hamdani, SE kepada pijarnusa.com, Senin (14/09/20).

Sementara, untuk TPS3R, ada 5 titik, yaitu di Kelurahan Nagri Kidul, Nagri Tengah dan Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Purwakarta, Desa Cadassari Kecamatan Tegalwaru dan Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan.
“Teknologi TPS3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal. Kedepan, diharapkan dapat menghasilkan prodak yang berdayaguna lebih dan bernilai ekonomis,” kata Dodih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *