by

Sumatera Selatan Salah Satu Jendela Budaya Dunia

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya beberapa waktu lalu menerima sertifikat penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2018, meliputi 7 Karya Budaya yang ada di Provinsi Sumsel yang diserahkan langsung Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud RI, Hilmar Farid pada acara Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2018 di Gedung Kesenian Jakarta

Karya Budaya Sumsel yang ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia diantaranya  Adat Timbang Kepala Kebo, merupakan adat istiadat masyarakat ritus dan perayaan-perayaan,  Ngobeng, merupakan adat istiadat masyarakat ritus dan perayaan-perayaan, Tari Kebagh, merupakan seni pertunjukan, Tari Silampari Kahyangan Tinggi, merupakan seni pertunjukan.

Selanjutnya Pindang Palembang, merupakan kemahiran dan kerajinan tradisional, Tikar Purun Pedamaran, merupakan kemahiran dan kerajinan tradisional dan Surat Ulu, merupakan tradisi dan ekspresi lisan.

Sebelumnya Tiga budaya Sumatera Selatan (Sumsel) masuk dalam daftar 150 warisan budaya tak benda Indonesia 2017. Tiga karya budaya Sumsel yang masuk dalam daftar warisan tak benda tersebut adalah Rumah Basemah, Lukisan Laker dan Tari Penguton.

Kegiatan apresiasi penetapan warisan budaya takbenda Indonesia merupakan puncak dari serangkaian kegiatan penetapan warisan budaya takbenda Indonesia yang bertujuan untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan budaya Indonesia.

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah selatan pulau Sumatera dengan ibukota Palembang. Seperti sebagian besar kebudayaan provinsi lain di pulau Sumatera, kebudayaan provinsi Sumatera Selatan sebagian besar terpengaruh oleh budaya Melayu. Selain itu, ada beberapa kebudayaan yang terpengaruh oleh Islam, dan ada pula yang dipengaruhi oleh kebesaran dari kerajaan Sriwijaya.

Kekayaan budaya Sumatera Selatan meliputi rumah adat, pakaian adat, berbagai jenis tarian, juga makanan khas dari daerah tersebut. Kekayaan budaya Sumatera Selatan tidak hanya mahsyur di wilayah Sumatera Selatan itu sendiri.

Di samping itu, provinsi ini banyak memiliki tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. Karena sejak dahulu telah menjadi pusat perdagangan, secara tidak langsung ikut memengaruhi kebudayaan masyarakatnya. Makanan khas dari provinsi ini sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *